Minggu, 21 Agustus 2011

KISAH PENGUSAHA SUKSES

KISAH PENGUSAHA SUKSES

Kisah ini menceritakan seorang tokoh yang bernama CINTA yang berjuang dan bertahan hidup untuk mencari cintanya. Pada akhirnya dia kalah dan tetap tak mengerti akan cintanya. Ternyata kekalahan akan cinta tidak hanya ada didalam benak khayalku saja. Tetapi memang dalam kehidupan nyata sejak dahulu kala ada. Anda tahu bagaimana Julis Caesar jatuh pada saat kejayaannya hanya karena mencintai seorang Cleopatra, atau cerita Napoleon Bonaparte… Ahhhh tak perlu aku ceritakan lagi itu. Sudah banyak diceritakan dan kebenarannya diragukan. Aku punya cerita nyata tentang hal itu, berdasar biografi seorang tokoh hebat dan terkenal.Ada seorang jenius dan sukses. Namanya David William McCall. Dia pendiri McCall International, perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi, hardware dan software, rancang bangun komputer serta bidang usaha sejenisnya. Perusahaannya biasa disingkat MCI, “Pernah dengar atau tahu?”. Dibidang software saingannya hanya Linux dan dibidang rancang bangun (bulid up) komputer saingannya hanya IBM. Saat itu belum ada Personal Computer, Compaq dan Hawlett Packard dibawah mereka. Penghasilan mereka 700 juta US dollar pertahun, hampir sama dengan Onassis. Bayangkan seberapa kaya dia, dalam usia muda, 30 tahunan sudah sekaya dan sesukses itu.
Tapi William adalah penganut paham antikemapanan. Dia benci pemerintahan yang korup dan kotor, tidak suka hidup mewah, ingin menghilangkan kemiskinan dan hanya ingin hidup sederhana. Hampir mirip dengan kaum sufi. Atau bisa dibilang juga, aku mirip dia. He..he..he.. William pernah pergi dari kemapanan. Pada usia 21 tahun, setelah menyelesaikan kuliahnya jurusan kedokteran di Harvard University, William menghilang dikarenakan hanya bapaknya, Nathan McCall, seorang yang cukup berpengaruh. Akhirnya William ditemukan 3 tahun kemudian dipedalaman Afrika. Dia mengabdikan ilmu kedokterannya pada kaum primitif dan di sana tidak mengenal uang dan peradaban sama sekali. Hebat juga Tuan muda William ini. Dia kembali kekemapanan yang sebenarnya dia benci. Sekembalinya, William kuliah lagi di MIT. Pada usia 28 tahun dia lulus dan mendirikan perusahaan McCall Int. Baru usia 32 tahun dia jatuh cinta dan menikahi seorang wanita yang sebenarnya hanya mencintai hartanya. William tidak
mengerti cinta. Dia mudah dikibuli dan dikelabuhi istrinya yang sebenarnya mencintai pemuda pegawai William. Anda tahu siapa nama pemuda tersebut?….. BILL GATE. Usia perkawinannya sangat singkat hanya sekitar 1 tahun. Saat dia pulang dari luar negeri dan menuju rumah mewahnya dibukit, William menemukan istrinya sedang bercumbu dengan pemuda itu. Dengan kecewa William pergi lagi sendirian tanpa sepengetahuan istrinya yang sedang asyik bermain cinta tersebut. Dia membuang mobil mewah yang biasa dipakai itu kejurang dan melanjutkan dengan jalan kaki dengan langkah gontai dan tak tahu kemana arah tujuannya serta dengan hati yang terasa disayat sembilu. Karena mobilnya ditemukan didasar jurang, William dinyatakan meninggal dalam kecelakaan.
Karena tidak meninggalkan surat wasiat apapun, istrinya bisa menguasai semua harta dan perusahaannya. MCI kacau balau, perusahaan itu terpecah. Bill Gate bersama pendukungnya mendirikan perusahaan sejenis dengan nama Microsoft dan mengeluarkan basic application program yang anda kenal dengan merk Windows. Bersama musuh besar MCI, IBM.. Microsoft mengeluarkan personal Computer yang sekarang ada didepan Anda. Tak lama kemudian mengeluarkan beberapa software. Tapi hanya menguasai pasar di Asia. Sementara sisanya dikuasai oleh perusahaan yang didirikan orang-orang MCI, yang percaya bahwa William masih hidup dan mereka mengabdi padanya. Anda tahu cerita rakyat Amerika “Tragedi buah Apel”, maka Apple dijadikan nama dan lambang perusahaan itu. Sekarang, dengan BAP “Macintosh”, Aplle mulai bergerak dan menyaingi Microsoft di pasar Asia. Anda lihat sekarang banyak perusahaan besar di Indonesia menggunakan Apple Macintosh, bukannya Microsoft Windows. Sementara pegawai MCI yang netral memisahkan diri dan membuat perusahaan software. Terpecah menjadi tiga yaitu Adobe, Aldust dan Corel. Karena netral mereka membuat sofware dalam dua versi, versi Windows dan versi Macintosh. Tapi akhirnya Aldust bangkrut dan merger dengan Adobe.
Bill Gate memang merebut segalanya dari William, istri, harta dan perusahaannya. Tapi secara hukum, Bill Gate tak bisa disalahkan. Bill gate juga mencuri rumusan Microchip Processor ciptaan William yang ditemukan dibekas ruang kerja William. Akhirnya Bill Gatelah yang memegang hak cipta Processor, terutama di Intel dengan Pentium-nya.
Hanya tinggal divisi telekomunikasi yang masih ada di MCI yang dipimpin oleh adik William. Produk alat komunikasi andalannya ada diseluruh pelosaok dunia. Anda pasti tahu!. Itu lohhh… MOTOROLA.
Tujuh tahun kemudian, David William McCall dinyatakan masih hidup. William  ditemukan sebagai gelandangan (tunawisma) di kota San Fransisco. William kembali pada kemewahan, namun sekarang diawasi tim dokter karena kesehatan fisik dan jiwanya terganggu. Entah alasan apa, mungkin karena jenuh dengan segala kemewahan atau karena tahu istrinya tidak mencintai dia. William bunuh diri pada usia 47 tahun. Sangat tragis………
Ada seorang penulis yang tertarik pada kisah hidup William. Penulis pintar dan serba bisa ini mewawancarai orang-orang yang pernah mengenal atau berada dalam lingkungan William, serta mengumpulkan data-data yang bisa mendukung tulisannya. Akhirnya keluarlah buku biografi William. Sayang buku tersebut dilarang terbit setelah 1 tahun beredar dipasaran. Setahun kemudian penulis itu mati ditembak. Anda tahu beritanya? seorang penulis dan juga astronom yang ditembak tepat dikepalanya hanya beberapa meter dari rumahnya. Penembakan itu tidak terungkap dan terorislah yang dituduh.
Orang-orang Eropa dan Amerika yang pernah membaca biografi William, dan sebagian kecil orang Asia yang tahu cerita ini, pasti akan membenci Bill Gate. Walaupun Bill Gate tidak sebegitu bersalah. Makanya kenapa produk-produk Microsoft tidak pernah sukses dipasar Eropa dan dipasar Amerika. Makanya juga banyak peretas (Hackers) berusaha mengacau dan menjebol Microsoft, terus mengungkap kekurangan dan kelemahan produk Microsoft. Pernah juga cerita ini difilmkan. Tapi cerita sedikit diubah. Menyembunyikan beberapa fakta dan hal yang mungkin membahayakan film itu sendiri. Atau mungkin pembuat film takut dibunuh seperti yang terjadi pada penulis itu.
Bayangkan…. Begitu tragisnya nasib Tuan William ini. Dia HEBAT, SUKSES dan MENANG DALAM KEHIDUPAN. Tetapi semua hilang sekejap hanya karena dia mencintai seorang wanita. Memang tidak semua kisah cerita berakhir tragis. Masih ada cerita Romeo dan Juliet yang akhirnya bahagia dalam cinta yang indah. Atau cerita tentang Cinderella dengan sepatu kacanya. Tapi sayang, itu hanya cerita khayalan dari penulis legendaris. Lalu pertanyaan dibenakku… Apakah yang namanya CINTA itu benar-benar ada dan nyata dalam hidup kita sebagai manusia? Apakah rasa sayang terhadap orang tua, saudara, teman, anak, istri, sahabat, famili serta rasa kasih terhadap diri sendiri, lingkungan dimana kita hidup….. itu juga dinamakan dengan Cinta? Aku benar-benar tak mengerti.
Jika anda tahu, tolonglah aku dan berikan jawaban logis agar aku bisa mengerti. Karena yang aku tahu selama ini Cinta hanya ada dalam benak penulis novel, sastrawan, penulis skenario dan penyair. Aku melihat cinta hanya ada didalam novel, cerita sastra, panggung drama, film dan sinetron, atau lirik sebuah lagu. Mungkinkah sangat kompleksnya cinta
sehingga tidak bisa didefinisikan. Setiap orang didunia punya pengertian dan definisi masing-masing tentang kata “CINTA”. Ahhhhhh…. gak usah terlalu anda pikirkanlah. Itu hanya ungkapan kegelisahanku saja. Orang-orang sehebat Julius Caesar, Napoleon Bonaparte, atau yang barusan aku ceritakan tuan David William McCall saja tidak mengerti tentang cinta. Bahkan mereka gagal hingga menghancurkan hidupnya,…. apalagi orang setolol aku, mana mungkin mengerti CINTA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar